Wednesday, October 03, 2012

Cerita berobat ke dr.Dewi Inong (1st Visit)

Hello heyyy.. sudah lama banget nggak nge-post blog. Bulan September malah nggak ada post sama sekali, padahal niat nya sih minimal satu post tiap bulan. Maklumlaah, bulan September kedatangan anggota keluarga baru, si baby Unyil, my dearest niece hehe jadinya aku sibuk jadi nanny :p

Di post pas ultah kemaren, aku sempet punya keinginan untuk pergi ke dokter kulit, buat ngobatin jerawat yg udah lamaaa nemplok di muka, nggak mau pergi-pergi. Udah capek dan bosen sama komentar orang-orang. Terus juga udah mulai perhatian sama kesehatan dan kerapihan diri. Dengan mengumpulkan niat dan pastinya ngumpulin uang (yang nggak sedikit juga), akhirnya alhamdulillaah bulan lalu, tepatnya tanggal 25 September kesampaian juga buat pergi ke dokter kulit.

Aku pilih pergi ke dr.Dewi Inong Irana, SpKK di RSIA Restu Kasih, Kramat Jati. Kenapa pilih ke dr.Inong? Ini dia alasan-alasan yang menguatkannya:
1. Dikasih tau mbak Dewi kalo temannya ke dr.Inong dan bagus hasilnya. Abis itu langsung googling tentang dokter ini. Ada beberapa blog yang nyeritain tentang kunjungannya ke dr. Inong, ini blognya. Sumpah, blog ini helpful banget buat nyari info tentang gimana tata cara berobat ke dr.Inong. Udah gitu baca komentar di post nya banyak yang share tentang pengalaman mereka ke dr.Inong, dan rata-rata komentarnya adalah positif. Baca dari forum-forum lain juga rata-rata kesan mereka terhadap dr.Inong ini positif.
2. dr.Inong praktek di dua tempat, yaitu RSIA Restu Kramat Jati dan RS Permata Cibubur. Aku pilih di RS Restu karena lebih dekat dari rumah.
3. Selain lebih dekat, udah gitu katanya biaya tebus obat nya juga lebih murah daripada di RS Permata. Dan setelah googling lagi berobat di dr.Inong ini termasuk murah meriah daripada dokter spesialis kulit lainnya. Maklum, mahasiswa tingkat akhir yang cuma ngandelin kerjaan freelance, jadinya harus pinter-pinter cari yang murah hehe
4. Pas googling lagi (yea, googling mostly) katanya dr.Inong ini ramah banget. Aku butuh dokter yang ramah, udah capek dinyinyirin soal jerawat. Udah gitu beliau muslim dan pakai jilbab, terdengar apa gitu ya alasanku hehe tapi ya rasanya tenang aja gitu kalo dokternya juga muslim, at least beliau tau halal-haram suatu produk :)
5. Tetiba aja dikasih tau sama Arini kalo dr.Inong ini bagus, suka nanganin artis-artis gitu. Wuihh makin yakin deh..

Akhirnya, setelah ngumpulin duit dan dirasa udah cukup, pergi juga deh ke dr.Inong tanggal 25 September. Rencana pengen berangkat dari rumah jam 6 pagi, karena denger-denger yang ngantri untuk berobat ke dr.Inong ini banyaaaaak banget, dan diterapin sistem nomor urut gitu, dibuka pendaftaran jam 7 pagi. Makanya niat mau dateng pagi banget supaya dapet nomor awal. Tapi rencana tinggalan rencana. Karena satu dan lain hal, sampai di RS Restu jam 07.30, dan ternyata mulai awal September 2012 pendaftaran dibuka jam 6 pagi, alhasil dapet nomor 48 gitu (batas pendaftaran cuma 50 orang). Yah, alhamdulillaah deh masih dapet nomor. Duduk-duduk sebentar, liatin udah banyak cewek-cewek yang kayaknya mau berobat jg ke dr.Inong. Sempet ngobrol sebentar sama seorang ibu yang gerutu mulu, dia nanya dapet nomor berapa, aku bilang dapet nomor 48, eh dia udah nakut-nakutin aja kalo nomor segitu sih siap-siap aja dipanggilnya baru sore. Hmmmmmppppffff.... terima ajalah. Abis nulis nama di meja pendaftaran harus nunggu lagi sampai jam 8 untuk bayar biaya administrasi. Jadi pas jam 8 teng petugas RS akan manggil nama sesuai urutan di kertas pendaftaran tadi untuk disuruh bayar biaya administrasi sebesar Rp.85.000. Karena aku baru sekali berobat, jadinya tambah biaya Rp.5.000 untuk biaya kartu. Abis bayar adiministrasi, langsung menuju ke tempat prakteknya dr.Inong. Duduk-duduk lagi bareng para cewek2 dan ibu2 yang mau berobat juga, karena dokternya baru dijadwalin dateng jam 09.00. Pas duduk-duduk sempet ngobrol-ngobrol juga sama orang-orang samping kanan dan kiri. Ada yang baru pertama dateng juga kayak aku, ada juga yang udah beberapa kali, bisa curi-curi info dari yang udah beberapa kali dateng deh..

Jam 09.00 teng ternyata ibu dokter belum juga dateng, sampai jam setengah 11an kalo nggak salah dokternya baru dateng. Sabaaaar nunggunya. Mati gaya juga mau ngapain, bawa novel tapi males juga baca. Bawa gorengan n lontong sebagai perbekalan, sudah habis. Pas dokternya dateng udah agak lega, eh tapi kalo inget dapet nomor 48 dari 50 orang itu kok ya langsung melas lagi ya haha alhasil selama proses menunggu cuma duduk, liatin tingkah laku orang sekitar, sama twitteran. Huuuh BT bener lah yang namanya nunggu berjam-jam. Ngantuk juga kaan huhu, beberapa orang ada yang abis daftar terus pulang dulu gitu, aku pengen pulang tapi kok ya males ya harus balik lagi, mau ditinggal jalan keluar dari area ruang praktek juga takut ada apa-apa (takut kalo tetiba nama dipanggil, masih awal-awal jd ngeri prosedur salah atau gimana). Begini banget ya perjuangan mau tampil sehat dan cantik :(

Jam berganti jam.. orang-orang udah semakin dikit. Kurang lebih jam setengah 3 sore barulah namaku dipanggil. Yeay! Masuk ke ruang prakter dokternya, langsung disapa ramah sama dokternya, uhh senang. Langsung ditanya juga sama dr.Inong, gini nih kurang lebih percakapannya:
dr.Inong: Hai Rina, kenapaaa?
Me: Hehe ini dok, muka saya jerawatan.
dr.Inong: Iyaa saya tau, nggak usah disebutin juga. Tapi karena apa jerawatnya? Sebelumnya pakai apa? *beliau ngomong gini tetep dengan nada ramah kok :) *
Me: Iya dok, sebelumnya aku pakai produk Lar***a.
dr.Inong: Haduh produk itu lagii, itu produk ada merkurinya. Banyak lho yang udah kena... and bla bla bla

Jadi setelah denger keluhanku, beliau kasih tau kalo pengobatan ini nggak bisa instan. Paling cepet keliatan hasilnya selama 6 bulan, itu paling cepet lho ya. Beliau minta ijin buat foto mukaku, katanya beliau lagi tulis artikel gitu. Terus beliau tulis resep buatku, sempet ditanyain udah nikah atau belum, soalnya aku bakalan dikasih obat untuk mematikan jerawat dan obat itu berbahaya buat janin. Aku juga dijadwalin 3 minggu lagi dateng untuk peeling. Oh iya, aku juga dikasih list makanan yang harus dipantang selama 2 bulan. Apa aja makanannya? Yang nggak boleh itu ada segala jenis seafood (kecuali ikan); mie instan, mie bakso, mie ayam; cake dan donat; es krim, permen, cokelat; nasi goreng yang beli; gorengan yang beli; kulit ayam; kuning telur; makanan yang mengandung banyak vetsin dan MSG; kacang tanah dan kacang mede; makanan dengan santan kental. Huhuuu banyak banget yah :( yang bikin berat adalah harus dadah-dadah sama mie instan huhu, sempet disindir sama ibu dokter, katanya "tenang, cuma 2 bulan kok, bukan seumur hidup" hehe bener juga yah. Aku juga sempet ngeluh sama ibu dokter, aku bilang aku frustrasi krn jerawat ini. Terus ibu dokter nenangin, bilang inshaAllah bisa sembuh, dia lalu nunjuk seorang ibu yang dulunya jerawatnya gede-gede, tapi sekarang udah nggak ada, walaupun emang belum mulus banget sih. Dia bilang kalo aku masih muda, inshaAllah bisa. Aamiin ya Allah.

Selesai konsul sama ibu dokter yang cuma 5 menitan itu, aku langsung ngasih rekam medis (didalemnya ada resep) ke apotek. Harus nunggu kurang lebih setengah jam lagi untuk nunggu obatnya. Setelah nama dipanggil sama mbak-mbak di apotek, aku dikasih obatnya, dijelasin penggunaannya, dan bayar (rincian biaya dijelaskan dibawah). Habis itu pulaaaaaaanng! Aku udah pusing bangett.. Karena belum makan juga ini sih. Ya Allah, semoga mukaku jodoh deh sama dr.Inong ini.. Aamiin.

Info:
Alamat RSIA Restu Kasih --> Jl. Raya Bogor Km. 19 No. 3A Kramatjati, Jakarta Timur. Telp: (021) 8001177 - 8002166. (Dekat sekali dari PGC kok, letaknya disamping toko kue Mayestik).
Jadwal praktek dr.Inong --> Selasa dan Rabu jam 09.00, Jum'at jam 14.00.
Untuk berobat sama dr.Inong, pendaftaran dibuka jam 06.00 pagi (tulis nama di kertas), pembayaran baru bisa dilaksanain jam 08.00 pagi.
Rincian biaya kunjungan pertama --> Pendaftaran: Rp.90.000, Obat: Rp. 395.000. Total: Rp. 485.000.
What I get --> Krim pagi (ditaruh ditempat yang keciiiil banget), krim malam, sabun batangan Novas, dan 30 butir obat minum berwarna merah bertekstur kenyal (obat ini harus diminum dan nggak boleh putus di tengah jalan).

Tips:
1. Supaya dapat nomor awal (jadi dipanggilnya juga lebih cepat) usahakan datang pagi-pagi sekali.
2. Setelah menulis nama di list pendaftaran, jangan lupa tunggu sampai jam 8 untuk bayar biaya administrasi, karena kalau belum bayar nomor kita bisa jadi turun.
3. Jangan lupa sarapan yaa, atau bawa bekal makanan dari rumah, di depan kamar praktek dokter sih ada yang jual makanan kecil gitu.
4. Bagi yang suka baca, boleh juga bawa buku buat isi waktu sambil nunggu dipanggil. Atau siapin batere handphone yang full supaya bisa internetan hehehe
5. Siapin telinga. Maksudnya, sewaktu-waktu nama kita dipanggil kita bisa dengar, karena yang manggil kadang buru-buru gitu dan nggak jelas, jadi kalau bisa sih duduk di dekat kamar prakter dokternya aja.
6. Siapin uang cash. Karena kayaknya sih nggak terima kartu-kartuan gitu. ATM juga nggak ada di dalam area RS, adanya di sebelah RS, itupun hanya bank-bank tertentu.

Sekian, semoga membantu.. Nantikan post selanjutnya tentang kunjungan kedua untuk peeling yaa, doakan akuuuu! :)

15 comments:

  1. Numpang sharing.. aku jg pasien Dokter Inong,mba.. aku dah dari feb 12 konsul ma beliau.. ya..ampun dlu jerawatku parah bgt.. gde2 gtu.. ktnya seh krn krim yg sblmny ku pke da merkurinya krim A**A.

    aku lg tu konsul di RS Permata krn wktunya da Weekend (Sabtu) tp telp booking ksna kyk lg telp ikutan kuis.. susah bgt masuk tlpnya >,< keluhannya mgkn sma ma mba n obat yg aku terima jg sama kyk gtu.. tp dpermata lg tu aku mpe habis hmpir 600rb utk biaya adm + konsul + obat, mang lbh mahal dibanding d RS Restu. harga obatnya mang lbh murah di Restu.. mpe skrg jg ku suka nebus obatnya di RS Restu.hee lmyn beda hmpir 10rb'an/item kan.

    n skrg alhamdulillah jerawatku dah ga da yg muncul lg. dr proses yg dijalanin yg penting seh sabar aj n turutin yang dipantang.. progresnya mang lama (justru yang instan mlh serem ya n da tnd tnya)aku jg iseng2 foto progress jrwtku tp rajin cm mpe bln mei (after peeling)..hehe n liat fto before n after nya skrg.. wah bnr2 deh syukur bgt. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat bersyukur dan bertrima kasih bynk
      kepada.MBAH RIJI atas bantuan no.ghoib/ritualnya“4D( 5020)`
      alhamdulillah benar-benar tembus~~~
      berkat bantuan MBAH saya bisa melunasi utang2 keluarga saya
      dan hanya rasa trimakasih yg tak terhingga yg bisa saya ucapkan kpd MBAH RIJI
      Inza allah KI tuhan akan membalas atas semua kebaikan MBAH
      Ini info buat sahabat yg lagi kesulitan masalah ekonomi
      terlilit utang atau mau cari modal dengan singkat melalui jalan togel
      HUB; NO DIMBAH RIJI;_082 388 362 128_jgn di sms hub. lansung.
      saya sebagai saksi hidup beliau dan bukti nyata MBAH RIJI
      yg punya room terima kasih assalamu alaikum

      Delete
  2. Hallo Mbak Venia.. Salam kenal :)

    Iya mbak, denger2 sih di RS Permata emang lebih mahal ya, tp ada kelebihannya karena katanya kalau mau peeling disana pasiennya yg dihubungi dr pihak RS mengenai waktunya, jadinya pasien nggak perlu tunggu lama di RS ya *CMIIW*

    Mbak Venia dari bulan februari sampai skarang masih rutin setiap bulan peeling? Aku baru dua kali peeling dan bulan Desember kmrn harusnya balik lagi tp aku cm tebus obat doang..

    Pantangan makan masih dijalanin sampai sekarang mbak?

    ReplyDelete
  3. klo di dokter inong kan ada obat yg mesti di minum tuh,, nah itu selama perawatan kt hrs minum itu obat ato cm 30hr pertama aja?

    ReplyDelete
  4. permisi mbak nya .. aqu jadi tertarik baca postingan ini ..
    pengen nyoba deh tapinya mau tau harga dulu .. maklum mahasiswa tingkat pertama .. hehe
    itu krim2 nya buat berapa lam ya? sebulan?dua buln .? 3 bulan ?
    trus sekali peeling bayar berapa? trus treatment selain peeling apa ya? maacii

    ReplyDelete
  5. jadwal praktek lengkap dokter inong di rs restu kapan aja? masih sama dengan postingan atau sudah berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sama dengan postingan jadwalnya, saya bulan lalu kesana untuk konsul dan dapet program Kejar Tayang hehehe...

      Delete
  6. Malam sist, aku mau nanya kalau sekarang ini di RSIA Restu apa dokter Inong masih praktek di jam yang sama? Dan untuk pertama kali datang tetep musti daftar jam 6 pagi? Makasih....

    ReplyDelete
  7. mmm.. kira-kira di dr. Inong nanganin selain keluhan kulit wajah ga ya?
    mau kesana tapi mau konsultasi soal kulit kaki yg ada bekas gigitan nyamuknya nih

    ReplyDelete
  8. ada pasient cowok nya gak.? atau khusus wanita saja..
    thx info postingannya

    ReplyDelete
  9. Bener tuh ada pasien cowo nya gak??

    ReplyDelete
  10. Di dr. Dewi Inong bisa buat cowo jg ga yahh?? Buat adik cwo sy yg berjerawat dan bopeng2an gtu. Yg pernah berobat ke dr. Dewi ditunggu commentnya. Pleaseee.... Help

    ReplyDelete
  11. Klo bru pertama kan mesti bayar pendaftaran dlu tuh ..
    Trus dteng ke dua kalinya n seterusnya bayar pendaftaran lg ga

    ReplyDelete
  12. Huhu..ktany dr inong ga buka pndaftaran buat pasien baru dlu yaa :'(

    ReplyDelete
  13. aku juga punya niatan mau ke dr inong

    @mba amelia nurul, dapat info darimana mba kalau dr inong lagi ga buka pendaftaran untuk pasien baru?

    ReplyDelete